Perselingkungan memang suatu hal yang sangat menyakitkan dan kejadian paling fatal di dalam rumah tangga. Tidak sedikit rumah tangga seseorang mengalami kehancuran karena disebabkan oleh perselingkuhan oleh salah satu pasangan. Meskipun begitu, perselingkuhan sering terjadi dan tidak bisa dicegah. Maka dari itu, sebaiknya kita mengetahui yang menjadi penyebab perselingkuhan itu sendiri.

Dengan Anda mengetahui beberapa penyebab penyelewengan dalam sebuah hubungan, maka rumah tangga masih bisa diselamatkan. Karena pada dasarnya perselingkuhan bisa berawal dari hal yang paling kecil dan sepele, namun jika pelakunya tidak segera menyadarinya maka dapat menyebabkan masalah hingga perceraian.

Alasan Kenapa Perselingkuhan Terjadi dan Harus Diwaspadai

1. Kurangnya komunikasi

Setiap orang sudah pasti memiliki rutinitas yang terkadang menyita waktu dan perhatian. Jika hal ini terjadi di dalam rumah tangga, maka bisa menyebabkan pasangan Anda berpikir bahwa dia tidak penting lagi bagi Anda.

Bahkan tidak peduli apakah Anda baru saja memiliki buah hati atau tuntutan karir yang tidak bisa ditunda. Hal tersebut bisa menyebabkan hubungan pernikahan menjadi rapuh dan bisa jadi perhatian pasangan Anda akan beralih ke seseorang yang lebih memberikan kenyamanan dan perhatian.

Di dalam rumah tangga memang sangat penting untuk memberikan perhatian kepada pasangan. Jadi sesibuk apapun pekerjaan Anda, tetap prioritaskan dia dan jalin komunikasi dengan baik. Karena itu menjadi benteng utama dalam hubungan pernikahan yang harmonis.

2. Tidak kuat iman

Memang pria atau wanita dengan tampilan menarik akan lebih menggoda bagi siapa saja yang memandang. Namun jika seseorang tersebut tidak memiliki iman yang kuat dan tidak mensyukuri dengan apa yang dimilikinya.

Maka sudah pasti dia akan mudah tergoda dan berpindah ke lain hati gara-gara godaan mengenai hal fisik. Biasanya hal ini juga bisa menjadi alasan mengapa pria selingkuh, karena dia mengutamakan melihat fisik dibanding ketulusan hatinya.

Namun bagi mereka yang kuat imannya, maka sepenuhnya akan menyadari bahwa tampilan fisik bukan menjadi jaminan hubungan menjadi langgeng.

3. Kurang saling menghargai

Kurangnya rasa saling menghargai antara suami dan instri dapat menyebabkan terjadinya perselingkuhan dalam rumah tangga. Dalam  hal ini bisa dipahami mengapa pria selingkuh atau bisa jadi wanita yang berselingkuh.

Terkadang salah satu pasangan sudah berbuat banyak untuk pasangannya, mulai dari waktu, tenaga maupun uang. Namun pasangannya tidak pernah bersyukur atau berterima kasih. Dengan begitu, pada akhirnya muncul perasaan tidak mampu berbuat apapun dan mencari pelampiasan dengan berselingkuh dengan orang lain yang bisa menghargainya.

4. Tidak bisa mengontrol hasrat seksual

Ada sebagian pasangan yang memiliki kelainan atau sistem kerja hormonnya sangat tinggi. Karena memiliki hasrat yang berbeda dan jauh dari normal, maka dia tidak akan merasa cukup jika hanya mendapatkan kepuasan dari pasangannya saja. Hal itu dia mencoba melakukannya dengan orang lain.

5. Faktor ekonomi

Masalah ekonomi menjadi masalah klasik di dalam rumah tangga. Namun kenyataannya perselingkuhan bisa terjadi karena masalah ekonomi. Dalam sebuah rumah tangga jika kurang mencukupi kebutuhan ekonominya bisa menyebabkan salah satu pasangannya mudah tergoda dengan orang lain, terutama bagi wanita.

Karena pada dasarnya kebutuhan rumah tangga semakin meningkat dan harga kebutuhan sehari-hari juga semakin mahal. Maka tidak dapat dipungkiri seseorang yang sudah merasa kepepet akan melakukan perselingkuhan sebagai jalan pintas untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dengan mengetahui beberapa penyebab perselingkuhan di dalam rumah tangga di atas, semoga Anda dengan pasangan bisa saling memahami, perhatian dan pengertian agar dijauhkan dari perselingkuhan yang bisa menyebabkan rumah tangga hancur.

Yang Perlu Anda Tahu, Penyebab Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga
error: Content is protected !!