Banyak dari Anda, pernah bertanya tentang arti mimpi. Karena memang ada beberapa kali saya secara khusus membahas tentang makna mimpi-mimpi tertentu.

Tetapi seperti biasanya, seperti yang selalu saya sampaikan, saya tidak melayani tafsir mimpi. Terlebih lagi, tidak semua mimpi dapat ditafsirkan, karena memang tidak semua mimpi memiliki makna. Soal ini pun sudah pernah saya sampaikan.

Untuk itu, bagi Anda yang belakangan ini mengalami mimpi tertentu, tidak perlu merasa resah. Karena bisa jadi mimpi ini muncul sekedar sebagai bunganya tidur. Sudah begitu, tahukah Anda, bahwa sebenarnya kita bisa belajar untuk mengendalikan mimpi kita?

Dan itulah, yang ingin saya sampaikan kali ini. Yaitu tentang cara mengendalikan mimpi. Kalau dalam pemahaman barat, orang menyebutnya sebagai Lucid Dream. Ini merupakan suatu keadaan dimana kita bisa mempertahankan kesadaran di dalam mimpi kita. atau bahkan mengendalikannya seperti sedang menyusun cerita.

Kondisi ini, ada kalanya terjadi secara tidak sengaja, tetapi ada kalanya juga terjadi karena disengaja, atau diatur sedemikian rupa.
Caranya bagaimana? Kurang lebih adalah sebagai berikut:

Langkah pertama, ingat-ingatlah dulu, semua mimpi yang Anda alami selama seminggu ke belakang. Catat semuanya. Sebisa mungkin, catatan ini harus lengkap. Termasuk soal garis besar mimpinya, waktunya, dan tempat kejadiannya juga.

Kemudian, saat hendak beranjak tidur, ingatlah kembali semua mimpi yang telah Anda catat selama seminggu tadi. Bayangkanlah secara jelas, semua hal yang sebelumnya pernah Anda mimpikan.

Contoh: Anda mimpi berenang bersama lumba-lumba, di laut, pada saat matahari terbit, maka bayangkanlah itu semua. Atau Anda bermimpi berada di taman bunga yang indah, dengan latar belakang suara kicauan burung. Maka bayangkanlah pula bunga-bunga apa saja yang Anda jumpai disana.


Baca Juga :


Selanjutnya, katakanlah pada diri Anda sendiri, ‘saya akan mengendalikan mimpi’. Tidak perlu keras-keras, yang penting terdengar telinga Anda sendiri. Ucapkanlah berulang-ulang sebagai niat.

Ketika Anda telah tertidur, upayakanlah untuk bangun di dalam tidur Anda tersebut. Sebagian orang, sering mengalami semacam ini, tetapi tanpa sengaja. Jadi kalau mau disengaja, memang perlu dilatih juga.

Dalam keadaan tertidur tadi, bayangkanlah kembali semua mimpi yang pernah Anda alami. Dalam kondisi mata terpejam, tentu saja.
Rilekskan pikiran Anda, dan nikmati semua fase yang terjadi dalam mimpi tersebut. semua adegan, semua yang nampak dan terasa. Termasuk getaran, ataupun tarikan. Tetaplah tenang, dan jangan dilawan.

Dengan cara inilah, secara bertahap, Anda akan bisa mengendalikan mimpi Anda sendiri. Memilih apa yang nampak dalam mimpi Anda, dan bahkan menjalaninya seperti kehidupan nyata.

Cara ini, biasanya bukan sekedar dilakukan orang untuk iseng mengendalikan mimpi saja. Tetapi di sisi lain, kemampuan mengendalikan mimpi akan meningkatkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah, menghilangkan mimpi buruk, mengatasi fobia serta trauma masa lalu, meningkatkan kreatifitas, dan meningkatkan kepercayaan diri juga.

Bagaimana? Anda berminat untuk mencoba mengendalikan mimpi? Maka mulailah dengan mencatat mimpi Anda setiap pagi setelah bangun tidur, selama satu minggu. Seperti yang saya terangkan tadi.

Cara Mengendalikan Mimpi Anda Sendiri
Tagged on:     
error: Content is protected !!