Bahasan kita kali ini, adalah seputar bagaimana caranya, agar kita tidak gampang sakit hati. Karena biasanya, yang namanya sakit hati itu hanya menyakitkan kita sendiri saja. Sedangkan orang yang menyakiti kita justru melenggang seperti tanpa dosa.

Bagi kita yang bawaannya memang perasa, bagi kita yang bawaannya memang sensitive, tentunya akan menjadi lebih mudah sakit hati. Karena apa-apa terbawa ke perasaan. Apa-apa kepikiran, dan menjadikan tidak tenang. Dan bagi Anda para perasa yang tidak ingin gampang sakit hati, ada baiknya Anda simak beberapa cara berikut ini.

1. Jangan Mudah Terpengaruh Omongan Orang

Yang pertama, jangan mudah terpengaruh omongan orang. Namanya ngomong itu gratis, alias tidak bayar. Jadi semua orang bisa. Tidak semua omongan perlu untuk Anda dengarkan.

Awalnya mungkin memang sulit. Tetapi bila Anda tidak ingin gampang sakit hati, tidak ingin gampang disakiti, maka inilah langkah pertama yang mesti kita tempuh. Yaitu membiasakan diri, untuk tidak terlalu mudah terpengaruh omongan orang.

2. Anggap Angin Lalu

Kemudian langkah kedua, apapun itu yang mengganggu pikiran Anda, anggaplah angin lalu saja. Anda yang berjiwa sensitive pasti cenderung memikirkan sesuatu secara berlebihan. Apa-apa kepikiran. Mau tidur saja, semua pasti akan teringat lagi. Bila Anda ingin lebih bahagia dalam hidup, kebiasaan semacam ini juga perlu Anda hentikan.


Baca Juga :


3. Belajar Menjadi Lebih Sabar

Langkah ketiga, belajarlah untuk menjadi lebih sabar. Sebab suatu hal atau kejadian yang biasa bagi orang lain, bisa jadi akan terasa luar biasa bagi Anda yang memang perasaannya sensitive.

Untuk itu, bekalilah diri Anda dengan perasaan sabar yang sebesar-besarnya. Kesabaran itulah yang nantinya akan membuat Anda lebih tenang, dan menjauhkan Anda dari sakit hati.

4. Kendalikan Perasaan Anda

Yang keempat, kelola dan kendalikanlah perasaan Anda, menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Jika selama ini kepekaan perasaan Anda hanya mendatangkan rasa yang tidak mengenakkan saja, maka mulai sekarang, arahkanlah perasaan yang peka tersebut ke arah yang lebih berguna.

Contohnya, Anda bisa mengulurkan tangan untuk orang yang diam-diam membutuhkan pertolongan. Sebab Anda yang perasaannya peka, pasti akan lebih mudah menyadari, ketika seseorang sebenarnya butuh bantuan.

5. Belajar Bersikap Santai

Cara kelima, belajarlah untuk tetap bersikap santai, atau bahkan cuek, di semua kondisi. Apa yang menurut logika Anda benar, ya itulah yang bernilai benar. Anda tidak perlu membawa perasaan ke dalam semua situasi, karena hal ini hanya akan membuat Anda melupakan logika dalam setiap tindakan.

Bila selama ini Anda sering tidak dilibatkan, jarang diajak bercanda, karena dianggap mudah tersinggung, maka inilah cara paling mudah untuk mengubah pandangan tersebut. Yaitu dengan belajar cuek.

6. Biasakan Berfikir Positif

Terakhir, alias cara yang keenam, biasakanlah untuk selalu berpikir positif. Seringkali, rasa sakit hati muncul karena adanya energi negative yang mengelilingi hati dan pikiran kita. Sehingga semua yang terjadi terasa tidak mengenakkan.

Solusinya, agar kita terhindar dari perasaan yang tidak mengenakkan tersebut, adalah dengan selalu berpikir positif. Ubahlah cara pandang Anda terhadap suatu kejadian. Lihat sisi baiknya saja. Tidak perlu Anda hiraukan sisi negatifnya.

Hanya karena Anda memiliki perasaan yang peka, bukan berarti hidup Anda harus menjadi rumit. Kelola dan kendalikanlah kepekaan rasa tersebut, sebagai suatu kelebihan bagi Anda. Kurang lebihnya, seperti itulah enam cara agar tidak mudah sakit hati, bagi kita yang berperasaan sensitive. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Cara Agar Tak Mudah Sakit Hati
error: Content is protected !!